Senin, 26 Juli 2010

Pengaruh Rokok dan Kopi / Kafein Terhadap Timbulnya Kanker Kandung Kemih

  

INFO ICCC : Pengaruh Rokok dan Kopi / Kafein Terhadap Timbulnya Kanker Kandung Kemih

 
Penyebab terjadinya kanker kandung kemih belum diketahui (serupa seperti kebayakan jenis kanker lain). Namun ada faktor risiko tertentu yang meningkatkan terjadinya kanker ini, di antaranya : Usia > 40 tahun, merokok, pekerja yang terpajan bahan kimia tertentu (misal, pekerja karet / bahan kimia lain), infeksi parasit, dan riwayat keluarga kandung menderita jenis kanker ini.

Saat ini ada anggapan bahwa kopi dan kafein dapat meningkatkan risiko seseorang untuk timbulnya kanker kandung kemih. Suatu penelitian besar yang dilakukan di Jepang dan disampaikan dalam jurnal Cancer Science menilai benar / tidaknya anggapan tersebut.

Sebanyak 49.566 pria dan 54.874 wanita berusia 40 – 69 tahun dilibatkan dalam penelitian ini selama tahun 1990 hingga 2005. Pada akhir penelitian, sebanyak 164 pria dan 42 wanita didiagnosis mengalami kanker kandung kemih. Kebiasaan merokok berhubungan dengan peningkatan risiko terjadinya kanker kandung kemih dan hubungan tersebut menguat dengan semakin banyaknya rokok yang dihisap.


Selain merokok, konsumsi kopi / kafein 1 gelas atau lebih per harinya juga ternyata berhubungan dengan peningkatan terjadinya jenis kanker ini pada populasi bukan perokok atau perokok hingga 2 kali lipat.

Pesan kesehatan dari hasil penelitian ini adalah : hidarilah merokok dan batasi konsumsi kopi / minuman berkafein Anda jangan lebih dari 1 gelas per hari.

Referensi :

1. Kurahashi. N, et al.Cancer Science.2009;100(2) :284-91
2. National Institutes of Health.What You Need to Know About Bladder Cancer.www.cancer.org 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar